MELAYANI: UKBI, BIPA, SAKSI AHLI BIDANG BAHASA, BENGKEL SASTRA, KLINIK BAHASA, PENERJEMAHAN NEGARA BESERTIFIKAT, PERPUSTAKAAN

19 Agustus, 2011

Penghargaan Sastra untuk Pendidik 2011

1. Latar Belakang
Sebagaimana kita ketahui, pembentukan kepribadian anak Indonesia menjadi sangat penting di tengah derasnya arus informasi bebas. Tuntutan pembentukan pribadi anak itu kini tidak semata bertumpu pada segi intelegensia, tetapi juga yang terpenting adalah segi moral dan emosi.
Kurangnya kecerdasan moral dan emosional pada masa perkembangan anak akan menyebabkan perilaku bermasalah.
Untuk menciptakan anak yang kreatif dan eksresif, diperlukan pendidik yang mumpuni pula. Pendidik yang peka terhadap situasi kondisi dan emosi anak dapat mengarahkan anak didik sesuai dengan yang diharapkan.
Oleh karena itu untuk mendukung pembentukan kepribadian yang seimbang seperti tersebut, pendidikan memerlukan kecerdasan emosional berupa kemampuan sosial untuk mengajarkan bagaimana merasakan, menciptakan, dan mengekspresikan sesuatu. Bentuk ekspresi dapat dilakukan dengan cara menulis atau mengarang. Dalam kaitan dengan itu Pusat Pembinaan dan Pemasyarakatan, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan Nasional memberikan peluang kepada pendidik dalam kegiatan kesastraan, yaitu Penghargaan Sastra untuk pendidik.

2. Tujuan
Tujuan Penghargaan Sastra untuk Pendidik adalah sebagai berikut:
a. menumbuhkembangkan apresiasi dan sikap positif para pendidik Indonesia dalam menciptakan karya sastra yang bermutu,
b. meningkatkan kualitas apresiasi pendidik terhadap karya sastra Indonesia,
c. meningkatkan minat pendidik terhadap sastra Indonesia,
d. merangsang daya cipta dan imajinasi pendidik terhadap karya sastra.

3. Sasaran

Pendidik yang menjadi sasaran pemberian penghargaan ini adalah para pendidik dilingkungan SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK, baik negeri maupun swasta di seluruh Indonesia. Dari beragamnya tingkatan pendidik itu akan dipilih tiga orang penerima penghargaan sastra terbaik.

4. Persyaratan
a. Karya sastra dikirimkan melalui pos atau langsung kepada Panitia Penghargaan Sastra untuk Pendidik dengan alamat Pusat Pembinaan dan Pemasyarakatan, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa paling lambat 30 September 2011 (stempel pos).
b. Jenis karya sastra yang kirim bebas (novel, puisi, dan/atau drama).
c. Karya sastra yang dikirim melalui pos atau langsung kepada Panitia Penghargaan Sastra untuk pendidik harus asli (bukan saduran atau terjemahan), pernah dipublikasikan, dan tidak diikutsertakan dalam kegiatan serupa.
d. Karya sastra yang dikirim harus dilengkapi dengan daftar riwayat hidup yang antara lain, memuat alamat lengkap peserta dan surat keterangan dari sekolah, termasuk sertifikat penghargaan yang pernah diperoleh (jika ada).
e. Karya sastra yang telah diterima Panitia tidak dikembalikan.

5. Penilaian
a. Penilaian karya sastra dan penentuan pemenang akan dilakukan oleh tim juri yang terdiri atas praktisi dan pakar sastra.
b. Putusan pemenang tidak dapat diganggu gugat dan tidak ada surat menyurat.
c. Hasil penilaian diumumkan pada bulan Oktober 2011.

6. Hadiah
Untuk peserta ynag menang dalam sayembara ini akan disediakan hadiah uang tunai sebagai berikut:
Pemenang I : Rp15.000.000,00
Pemenang II : Rp12.500.000,00
Pemenang III : Rp10.000.000,00
Pajak hadiah sebesar 20% (PPh Pasal 21) ditanggung oleh pemenang. Selain menerima uang tunai pemenang akan mendapat piagam penghargaan dan buku-buku terbitan Badan Bahasa.

Untuk Informasi lebih lanjut,
Hubungi alamat berikut.
PUSAT PEMBINAAN DAN PEMASYARAKATAN
Jalan Daksinapati Barat IV
Rawamangun, Jakarta 13220
Telepon (021) 4706288, 4896558 Pes. 147
Faksimile (021) 4750407
Kontak Panitia:
Ebah Suhaebah (08159222464)
Dira Hildayani (081218507005)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar