MELAYANI: UKBI, BIPA, SAKSI AHLI BIDANG BAHASA, BENGKEL SASTRA, KLINIK BAHASA, PENERJEMAHAN NEGARA BESERTIFIKAT, PERPUSTAKAAN

14 Februari, 2012

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran SAVI dan Motivasi Belajar (MB) Siswa terhadap Hasil Belajar Membaca Intensif Siswa Sekolah Menegah Pertama (SMP)

Herman Budiyono
M. Rusdi
Rita Suryetni

Jurnal Mlangun Volume III No. I Juni 2010

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh penerapan Model Pembelajaran Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual (MP-SAVI) dan Motivasi Belajar (MB) siswa terhadap hasil belajar membaca intensif. Rancangan penelitan yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain faktorial 2x2. Satu perlakuan/faktor dengan dua level (X1 dan X2) dan variabel moderator yang memiliki dua tingkatan (Y1 dan Y2).


Subjek penelitian ada dua kelompok, yaitu kelas eksperimen (KE) dan kelas kontrol (KK). Hasil penelitian menunjukkan secara umum ada pengaruh antara penerapan MP-SAVI dan MB siswa terhadap hasil belajar membaca intensif. Penerapan MP-SAVI berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa, hasil penghitungan melalui uji ANOVA dua jalur dengan perolehan nilai F hitung lebih besar daripada nilai F tablel (16,59>2,68). Motivasi belajar memiliki kontribusi yang positif terhadap hasil belajar, perolehan nilai F hitung lebih besar daripada F table (4,96>2,68). Tidak ada interaksi antara MP-SAVI dengan MB dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Interaksi antara penerapan MP-SAVI dengan MB memperoleh F hitung lebih kecil daripada F table (1,32
<2 1.="" 1990="" 2010="" acuh="" ada="" adalah="" adaptasi="" agar="" akan="" aktivitas="" alat="" anak.="" antara="" apa="" argumentasi="" artinya="" atau="" auditori="" baca="" bacaan.="" bagi="" bahan="" bahasa="" bahwa="" baik.="" baik="" balai="" banyak="" baru="" begitu="" belajar.="" belajar="" belum="" benar.="" berasal="" berbahasa="" berbicara="" bereksperimen.="" berkait="" berkontribusi="" berlatih="" bermain="" bermakna.="" bermakna="" bernalar="" berpikir="" bisa="" bukan="" bukanlah="" cara="" cenderung="" dahlan="" dalam="" dan="" dapat="" dari="" dasar="" daya="" demikian="" dengan="" di="" diciptakan="" diharapkan.="" diharapkan="" dikelola="" dikemas="" dikembangkan="" dilaksanakan="" dilakukan="" dimiliki="" diperlukan="" diri="" diterapkan="" ditransfer="" diungkapkan="" dulu="" enam="" faktor-faktor="" fisik="" gemar="" gerakan="" guru="" hal="" hands-on="" hanya="" harras="" harus="" hasil="" hernowo="" i.="" i="" iii="" ilmu="" indera="" individu-individu="" indonesia="" indra="" informasi.="" informasi="" intelektual="" intensif="" iskandarwassid="" itu="" jambi.="" jika="" juga="" juni="" jurnal="" karena="" kata="" keempat="" kegiatan="" kelas="" kelasnya="" kemampuan="" kemampun="" kepada="" keterampilan="" khayalan.="" khusus="" kompetensi="" konsentrasi="" kunci:="" kurang="" kurangnya="" kurikulum="" lain="" lebih="" lengkap="" lihat="" luar="" makna="" mana="" masalah.="" masalah="" masih="" masyarakat="" mata="" materi="" media="" melakukan.="" melakukan="" melalui="" melibatkan="" meliputi="" memadainya="" memahami="" membaca.="" membaca="" memecahkan="" memiliki="" mempengaruhi="" memperhatikan="" memperoleh="" memungkinkan="" menanggapi.="" menangkap="" mencapai="" mencipta="" menciptakan="" mendapatkan="" mendemonstrasikan="" mendengarkan="" menekankan="" menemukan="" menengah="" menentukan="" menerapkan="" mengalami="" mengamati="" mengatakan="" mengatasi="" mengelola="" mengemukakan="" mengetahui="" menggambar="" menggembirakan="" menggunakan="" menggunakannya="" mengidentifikasi="" menginterpretasi="" mengkonstruksi="" mental="" menulis.="" menuntut="" menurut="" menyangkut="" menyatakan="" menyelidiki="" menyenangkan="" menyentuh="" menyimak="" merupakan="" minat="" minds-on="" mlangun="" model="" monoton="" motivasi="" mp-="" mp-savi="" no.="" oleh="" orang="" pada="" para="" pelajaran="" pemanfaatan="" pembaca.="" pembaca="" pembelajaran="" pembimbingan="" pemecahan="" pemikiran="" pendapat="" pendidikan="" penerapan="" pengalaman="" pengantar="" pengaturan="" pengetahuan="" penggunaan="" penghambat="" pengingatan="" pengkhayalan="" pentingnya="" peraga.="" perenungan="" perkembangan="" pertama="" pertumbuhan="" pesan="" pesat="" pikiran="" potensi="" presentasi="" proses="" ptek="" pun="" rangka="" rendahnya="" saja="" salah="" saling="" sangat="" sasaran="" satu="" satuan="" savi="" sebuah="" secara="" sedang="" sederhana="" sehingga="" sekedar="" sekolah-sekolah="" sekolah="" seluruh="" semua="" senada="" seperti="" serta="" seseorang.="" seseorang="" setiap="" sikap="" siswa.="" siswa="" siswanya.="" solusi="" somatis="" span="" studi="" suasana="" suatu="" sudarni="" tabel="" tahapan="" tarigan="" teknologi="" teks.="" teks="" tepat="" terbitan="" tercantum="" tercapai="" terciptanya="" terencana="" terhadap="" terlibat="" terpadu.="" tersebut.="" tersebut="" tertentu.="" tertulis="" tetapi="" tidak="" tinggi="" tingkat="" tubuh="" tujuan="" tulalessy="" tulis.="" tulis="" untuk="" verbal="" visual="" volume="" wawasan="" wilayah="" yang="">

Tidak ada komentar:

Posting Komentar