MELAYANI: UKBI, BIPA, SAKSI AHLI BIDANG BAHASA, BENGKEL SASTRA, KLINIK BAHASA, PENERJEMAHAN NEGARA BESERTIFIKAT, PERPUSTAKAAN

28 Juni, 2009

Sayembara Penulisan Cerpen Remaja


Sayembara Penulisan Cerpen Remaja
Tingkat SMP se-Provinsi Jambi Tahun 2009


Latar Belakang
Menulis adalah salah satu kegiatan untuk mengekspresikan diri serta menuangkan ide dan pikiran tentang seluruh kehidupan mulai dari yang sifatnya fiktif sampai ilmiah. Dapat menulis yang baik bukan hal yang mudah. Seseorang harus melewati proses yang panjang, latihan menulis selama bertahun-tahun untuk mengolah ide dan pikiran agar dapat dituangkan dalam barisan kata dan kalimat yang dapat dipahami, dicerna, dan dinikmati oleh pembaca.

Bakat dan kemampuan seseorang untuk menulis hendaknya diasah dan dipupuk sejak ia masih sangat muda. Dengan menulis, anak-anak (remaja) juga memiliki kegiatan yang sehat untuk mengisi waktu dan memiliki cara yang baik untuk mengomunikasikan jalan pikiran terutama kepada orang dewasa yang sering kurang memahami mereka. Kegiatan menulis dapat menjadi salah satu upaya kita dalam menghindarkan mereka dari hal-hal yang membahayakan, seperti tawuran dan narkoba karena ketika mereka menuangkan semua ide dan pikiran yang membuat mereka gusar ke dalam tulisan, mereka akan menjadi tenang dan tidak gelisah lagi.

Dalam rangka memberikan penghargaan kepada remaja Provinsi Jambi yang telah memupuk dan mengasah bakat dan kemampuannya untuk menulis, serta mendorong mereka tetap berlatih menulis, Kantor Bahasa Provinsi Jambi menyelenggarakan Sayembara Penulisan Cerpen Tingkat SMP se-Provinsi Jambi. Sayembara ini diharapkan dapat membantu remaja Provinsi Jambi mengasah bakat menulis cerita pendek sehingga dapat ditemukan calon-calon sastrawan yang berpotensi di masa depan.

Persyaratan

1. Tema cerpen bebas (berkisah tentang dunia remaja), tidak mengarah pada pornografi, dan tidak berpotensi menimbulkan konflik yang berkaitan dengan SARA.
2. Cerpen harus asli (bukan saduran atau terjemahan), belum pernah diterbitkan atau dipublikasikan, dan tidak sedang diikutsertakan dalam sayembara serupa.
3. Panjang karangan 5—12 halaman.
4. Cerpen ditulis dalam bahasa Indonesia, diketik rapi 1,5 spasi di atas kertas kuarto/A4 dengan huruf Times New Roman 12, dan tidak bolak-balik.
5. Cerpen dikirim rangkap tiga dan harus dilengkapi dengan biodata dan alamat lengkap pengarang serta surat keterangan dari sekolah.
6. Cerpen dapat diantar langsung atau dikirimkan melalui pos kepada panitia paling lambat tanggal 5 Juni 2009 (stempel pos).
7. Peserta hanya boleh mengirimkan satu naskah cerpen.
8. Cerpen yang telah diterima oleh panitia akan menjadi milik panitia dan tidak akan dikembalikan.

Penilaian

1. Penilaian naskah akan dilakukan oleh tim juri pada tanggal 8—30 Juni 2009.
2. Penilaian mencakupi isi, teknik penulisan, bahasa, dan gaya.
3. Pemenang akan ditetapkan melalui rapat tim juri yang akan dijadwalkan pada tanggal 1 Juli 2009.
4. Putusan tim juri tidak dapat diganggu gugat dan tidak ada surat-menyurat.

Hadiah

Peserta yang memenangi sayembara ini akan mendapatkan tropi, piagam, terbitan Pusat Bahasa yang relevan, dan uang tunai (dipotong PPh sebesar 15%).

1. Juara I : Rp1.500.000,00
2. Juara II : Rp1.000.000,00
3. Juara III : Rp750.000,00
4. Harapan I : Rp500.000,00
5. Harapan II : Rp250.000,00

Pengumuman

Pemenang sayembara akan diumumkan melalui surat pemberitahuan yang akan dikirimkan ke Dinas Pendidikan dan Kantor Departemen Agama Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi. Para pemenang akan dihubungi panitia melalui telepon untuk menghadiri acara penyerahan hadiah yang akan dilakukan di Kantor Bahasa Provinsi Jambi, Jalan Arief Rahman Hakim No. 101, Telanaipura, Jambi, pada bulan Juli 2009.

Informasi lebih lanjut hubungi:
Panitia Sayembara Penulisan Cerpen Remaja
Tingkat SMP Tahun 2009
Kantor Bahasa Provinsi Jambi
Jalan Arief Rahman Hakim No. 101,
Telanaipura, Jambi 36124
Telepon/faksimile (0741) 669466
Kontak Panitia: ELVA/MARYANI
(HP 081366134248/081366959504)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar