MELAYANI: UKBI, BIPA, SAKSI AHLI BIDANG BAHASA, BENGKEL SASTRA, KLINIK BAHASA, PENERJEMAHAN NEGARA BESERTIFIKAT, PERPUSTAKAAN

13 Maret, 2016

Pakar Bahasa Indonesia JS Badudu Tutup Usia

Pakar Bahasa Indonesia Jusuf Sjarif (JS) Badudu meninggal malam tadi di Bandung. Tokoh yang dikenal sebagai penyusun Kamus Umum Bahasa Indonesia itu wafat pada usia 89 tahun.


"Telah berpulang dalam damai bapak dan opa kami Jusuf Sjarif Badudu pada Sabtu (12/3/2016) pukul 22.10 di Rumah Sakit Hasan Sadikin pada usia 89 tahun," ucap salah satu cucu, Ananda Badudu, dalam pesan singkat, Minggu (13/3/2016). 

Ananda menyebut, JS Badudu meninggal karena komplikasi penyakit yang diderita semasa tuanya. Dua hari sebelum wafat, ia dirawat inap di RS Hasan Sadikin karena serangan stroke. 

"Sekitar sepuluh tahun belakangan, ia sudah beberapa kali diserang stroke ringan maupun berat yang mengakibatkan kondisi fisiknya semakin lama semakin menurun," paparnya.

Beliau berpulang meninggalkan 9 anak, 23 cucu, dan 2 cicit. Jenazahnya akan disemayamkan di tempat tinggalnya sehari-hari, yakni di Bukit Dago Selatan nomor 27, Bandung. Setelah disalatkan, rencananya jenazah akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Cikutra, Bandung.

JS Badudu lahir di Gorontalo, 19 Maret 1926. Guru Besar Linguistika pada Universitas Padjadjaran itu dikenal luas di masyarakat sebagai pembawa acara Pembinaan Bahasa Indonesia di TVRI pada 1974-1979.

Sebagai pakar bahasa yang sangat berpengalaman, Badudu banyak menyusun buku dan kamus terkait Bahasa Indonesia. Di antaranya: Pelik-Pelik Bahasa Indonesia, Membina Bahasa Indonesia Baku (2 jilid), Bahasa Indonesia: Anda bertanya? Inilah jawabnya. Ejaan Bahasa Indonesia, Kamus Ungkapan Bahasa Indonesia (1975), Kamus Umum Bahasa Indonesia (Badudu-Zain, 2001), Kamus Kata-Kata Serapan Asing dalam Bahasa Indonesia (2003) dan lainnya.

Sumber: www.detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar