MELAYANI: UKBI, BIPA, SAKSI AHLI BIDANG BAHASA, BENGKEL SASTRA, KLINIK BAHASA, PENERJEMAHAN NEGARA BESERTIFIKAT, PERPUSTAKAAN

27 Oktober, 2011

Lomba Baca Puisi untuk Siswa SMA/SMK/MA se-Provinsi Jambi 2011

Sebagai bagian dari sastra, puisi adalah sebuah karya yang memiliki unsur keindahan. Namun keindahan itu tidak hanya tampak dalam rupa kata dan tanda dalam puisi itu. Keindahan juga terlihat dalam bentuk nilai-nilai dan pesan-pesan yang sarat dengan makna dan tidak pernah kosong begitu saja.

Agar makna yang terkandung dalam puisi bisa dipahami dan dimengerti, perlu pemahaman mendalam, yang belum tentu bisa dilakukan oleh setiap orang. Hal ini disebabkan puisi memiliki ‘aturan main’ sendiri. Di dalam puisi terdapat lirik, bait, rima yang menyatu menjadi kesatuan yang utuh. Unsur-unsur itu menjadi dasar pengimajian, pengiasan, dan perlambangan puisi secara menyeluruh, yang diwujudkan dalam bentuk apresiasi.




Memahami makna puisi, menghayati, apalagi membacakannya, merupakan salah satu bentuk pengapresiasian sekaligus wujud konkrit penghargaan terhadap puisi.

Dalam konteks membacakan puisi, tidaklah mutlak menjadi hak paten orang-orang pesastra. Artinya, siapa saja berhak mengambil bagian menjadi pelaku dalam etalase pegapresiasian puisi, tak terkecuali bagi siswa.
Memang tidak semua siswa benar-benar memiliki pemahaman dan keberminatan terhadap puisi. Namun paling tidak, tentu di antara mereka ada yang memiliki bakat yang kuat dalam hal pengapresiasian puisi, selain hanya membaca atau sekadar mengetahui saja.


Oleh karena itu, agar bakat-bakat yang selama ini terpendam bisa muncul sekaligus menggairahkan dunia perpuisian di Jambi, Balai Bahasa Jambi berinisiatif mengadakan Lomba Baca Puisi untuk Siswa SMA/SMK/MA se-Provinsi Jambi. Kegiatan ini dimaksudkan untuk menggali potensi siswa dalam membaca puisi. Selain itu, kegiatan ini diadakan untuk membangkitkan rasa cinta siswa, khususnya siswa-siswa SMA/SMA/MA terhadap karya sastra, khususnya puisi.



Pendaftaran

25 Oktober s.d. 8 November 2011
Tempat: Kantor Bahasa Provinsi Jambi
Jalan Arif Rahman Hakim No. 101 Telanaipura Jambi
Telepon 0741-669466
Laman: www.balaibahasajambi.org
Pos el: admin@balaibahasajambi.orgAlamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya

Acara: 10—12 November 2011 di Aula Kantor Bahasa Provinsi Jambi



Untuk keterangan lebih lanjut, silakan hubungi panitia.

Kontak Panitia

Mhd. Zaki : 081363491328
Gustia Mira : 085369254440
Agus Kurniawan : 085266666019


Tidak ada komentar:

Posting Komentar