MELAYANI: UKBI, BIPA, SAKSI AHLI BIDANG BAHASA, BENGKEL SASTRA, KLINIK BAHASA, PENERJEMAHAN NEGARA BESERTIFIKAT, PERPUSTAKAAN

16 Januari, 2012

Kunjungan Delegasi Singapura

Dalam rangka penjajakan kerja sama antara Singapura dan Indonesia, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Senin, 9 Januari 2012, pukul 14.30, menerima kunjungan Delegasi Singapura yang dipimpin oleh Encik Hawazi Daipi, Ketua Delegasi Setia Usaha Parlimen Kanan, Kementerian Pendidikan dan Kementerian Tenaga Manusia. Rombongan diterima oleh Sekretaris Badan Bahasa, Dra. Yeyen Maryani, M.Hum., Kepala Pusat Pengembangan dan Pelindungan, Dr. Sugiyono, dan Kepala Pusat Pembinaan dan Pemasyarakatan, Drs. Muhajir, M.A.

Kedatangan delegasi bertujuan menjajaki kerja sama pelatihan guru bahasa dan sastra, pembinaan program bahasa dan sastra, serta kurikulum bahasa dan sastra yang sesuai dengan kondisi terkini di Indonesia.

Dalam paparannya, Sekretaris Badan mengemukakan bahwa Badan Bahasa mempunyai tiga fungsi utama, yaitu melakukan pengembangan, pembinaan, dan pelindungan kebahasaan dan kesastraan di Indonesia. Selain itu, Badan Bahasa juga membantu pemerintah daerah dalam menyinergikan bahasa daerah dengan bahasa Indonesia melalui tiga fungsi tersebut agar kearifan lokal yang ada dapat membentuk karakter budaya bangsa yang utuh. Salah satunya dengan membuat kebijakan nasional kebahasaan dan kesastraan.

Sementara itu, Ketua Delegasi Singapura menjelaskan mengenai kepedulian pemerintahnya terhadap pengembangan bahasa dan sastra Melayu. “Pemerintah Singapura menganggap bahwa bahasa dan sastra Melayu juga merupakan bahasa dan sastra Singapura sehingga perlu dilestarikan,” kata Ketua Delegasi.

Sekretaris Badan menyambut baik upaya kerja sama kebahasaan dan kesastraan yang akan dilakukan kedua negara dan mengharapkan Singapura bergabung dalam forum kerja sama Mastera (Majelis Sastra Asia Tenggara).

Acara berakhir pukul 16.30 yang ditutup dengan ramah tamah sambil menikmati kudapan
Sumber: Badan Bahasa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar